Batu akik kecubung wulung junjung derajat, jika disinar akan terlihat seperti ada keris di dalamnya. Ditawarkan seharga dua unit mobil Pajero. | FOTO: TEMPO/Phesi Ester Julikawati

BENGKULU — Batu giok dan akik tengah digandrungi warga Indonesia. Harganya pun bisa selangit. Lihat saja misalnya batu akik jenis Kecubung Wulung Junjung Derajat milik Herawansyah ini sudah ditawar dua unit mobil Pajero baru.

Meski ditawar senilai Rp1 miliar (satu unit Mitsubishi Pajero seharga Rp500 juta –red.), warga Bengkulu itu tetap menolak. Alasannya, batu akik tersebut hadiah dari istrinya.

Ia menceritakan ada seseorang dari Pulau Jawa melihat dirinya menggunakan cincin itu. Merasa tertarik, orang itu menawarkan diri menukarnya dengan satu unit Pajero. “Karena saya tolak dia tambah satu Pajero lagi, tapi tawarannya belum saya terima,” kata Herawansyah saat ditemui Kamis, 19 Maret 2015.

Herawansyah mengatakan batu tersebut dibeli oleh sang istri, Maghdaliansi, dari salah seorang tetangganya, seharga Rp 1 juta. Meski awalnya, menurut Herawansyah, ia tidak mengetahui jika batu tersebut memiliki Junjung Derajat, ternyata hal itulah yang membuat batu itu langkah dan mahal.

“Saya tidak terlalu mengerti soal batu, waktu saya tanya dengan orang yang paham dia bilang itu motif Junjung Derajat, karena motif itu langka maka batu ini berharga,” ujarnya. Selain menawar dengan mahar fantastis, batu milik Herawansyah pun beberapa kali ditawar ‘orang pintar’ untuk diisi, namun ia menolaknya.

Ketika ditanya di harga berapa batu itu akan dilego, Herawansyah mengaku belum berniat menjualnya. “Karena batu ini hadiah dari istri saya ulang tahun ke-47. Harga yang ditawarkan menggiurkan, tapi kembali lagi ini hadiah ulang tahun yang nilainya tak bisa diukur dengan materi,” ujar Herawansyah. []

TEMPO.CO

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.