Wapres: Raja Salman Sebut Indonesia Sebagai Rumah Kedua

0
1208

JAKARTA | ACEHKITA.COM – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menyebut Indonesia sebagai rumah keduanya. Hal itu karena sambutan begitu hangat dan meriah serta mendapat perhatian luas dari masyarakat Indonesia.

“Ya, semalam dan tadi menyatakan lagi terima kasih yang luar biasa, menganggap ini (Indonesia) rumahnya yang kedua. ‘Negeri saya yang kedua’,” kata Kalla usai mengantar keberangkatan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/3/2017).

Raja Salman dan rombongan yang berjumlah sekitar 1.500 akan menikmati keindahan Pulau Dewata, Bali, hingga 9 Maret mendatang setelah sejak Rabu lalu berada di Jakarta dan Bogor.

Selama tiga hari berada di Jakarta, Raja Salman telah mengadakan serangkaian pertemuan antara lain dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, berpidato di depan anggota DPR RI, mengunjungi Masjid Istiqlal dan bertemu para pimpinan lintas agama. Pada Jumat malam, dia juga mengadakan pembicaraan secara tertutup dengan Wapres.

Menurut Kalla, Raja Salman mengatakan di Indonesialah dia disambut secara luar biasa. Sejak diangkat menjadi Raja Arab Saudi pada 2015, kata Wapres, Salman mengaku beberapa kali melakukan perjalanan ke luar negeri.

“Saya bilang (kepada Raja Salman) ini kecintaan rakyat Indonesia,” jelas Kalla seperti dikutip dari laman detik.com.

Dia menambahkan bahwa setiap tahun lebih dari 1,2 juta warga Indonesia berkunjung ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah Haji dan Umrah.

“Jangan kira kita hanya minta sama mereka, mereka juga mengharapkan itu. Banyak orang Indonesia berkunjung ke sana,” kata Kalla.

Menurut Kalla, Raja Salman juga menilai kondisi keamanan Indonesia termasuk stabil dan ini menjadi citra positif bagi Indonesia.

Wapres juga menyebutkan bahwa kunjungan Raja Salman telah mengubah persepsi bangsa Saudi tentang Indonesia.

“Kunjungan ini tidak hanya diukur dengan investasi. Kunjungan ini mempunyai makna persahabatan, mempunyai makna sosial, keagamaan,” ujarnya.

“Setelah rakyat Saudi melihat ternyata Indonesia tidak seperti dibayangkan. Jangan lupa, umumnya orang Saudi itu membayangkan kita itu daerah, negara terbelakang karena yang ke sana hanya TKI.”

Wapres juga menyampaikan apresiasi pemerintah dan rakyat Indonesia kepada Raja Salman yang melayani dua kota suci umat Islam, Mekah dan Madinah, dengan baik.

“Kita mengucapkan terima kasih karena Raja melayani dua kota suci, tapi kita pun katakan di sini ada 800 ribu masjid, jadi masjid besar kita masjid banyak,” pungkasnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.