Connect with us

Warga Aceh di Yogya Rayakan Meugang

Berita

Warga Aceh di Yogya Rayakan Meugang

YOGYAKARTA | CITIZENKITA — Meski berada di perantauan, jauh dari kampung halaman, tak menyurutkan niat masyarakat Aceh di Yogyakarta untuk merawat tradisi keuneubah indatu. Menjelang pelaksanaan ibadah Ramadan 1433 H, masyarakat Aceh di Yogya ikut merayakan tradisi meugang.

Pada meugang tahun ini, mereka memasak gulai kambing khas Aceh dan makan kenduri bersama. Acara ini dihadiri oleh seratusan masyarakat Aceh yang terdiri atas mahasiswa S1, S2, S3, dan keluarga Aceh yang sudah menetap di Yogya.

Acara dihelat di dua tempat terpisah pada hari yang berbeda, yaitu di Asrama Keluarga Aceh Besar Yogyakarta (KABY) pada Rabu (18/7) dan di Balee Gadeng pada Kamis (19/7).

Muhajir Al-Fairusy, mahasiswa Magister Antropologi Universitas Gadjah Mada, mengatakan, acara meugang ini mengingatkan masyarakat Aceh di Yogya akan tradisi daerah asalnya.

“Walaupun berjarak dengan Aceh, warga Aceh di Yogya tetap memegang landasan budayanya. Kesempatan juga karena harga daging di Yogya lebih murah dan terjangkau, sekitar Rp60-70 ribu per kilogramnya,” tambah Muhajir.

“Mahasiswa di Yogya juga dapat terpuaskan rasa rindu kampung halamannya dengan merasakan daging khas yang biasa dimasak menjelang puasa ini dan mempererat silaturahmi antarwarga Aceh di Yogya,” tambah Rizki mewakili KABY. [citizen]

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top