Connect with us

Yang Fasih Hafal Pancasila Saya Jadikan Menantu: Soedarmo

Humas Aceh

Aceh

Yang Fasih Hafal Pancasila Saya Jadikan Menantu: Soedarmo

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Soedarmo mengeluarkan sebuah pernyataan mengejutkan: yang fasih menghafal pancasila (akan) saya jadikan menantu! Dua peremuan muda mencoba menjawab. Sayang jawabannya terbata-bata. Mereka gagal jadi istri anak Soedarmo yang tentara.

Kemudian, seorang lelaki gempal berisi yang menjawab. Jawabannya lancar.

“Jadiin menantu…” banyak yang berkoor demikian. Soedarmo tertawa tipis, kemudian mengundangnya ke panggung, merogoh kocek dan memberikan rupiah kepadanya. Semua bertepuk tangan.

Soedarmo bertanya demikian setelah survey yang dikeluarkan sebuah lembaga menyebutkan bahwa 40 persen mahasiswa tidak hafal Pancasila. Ia ingin membuktikan sendiri, dengan mengecek langsung kepada mahasiswa saat memberikan kuliah umum bertema kebangsaan dan kepimimpinan di hadapan para mahasiswa di Kampus Universitas Syiah Kuala, Senin (26/12/2016) malam.

Kepada para mahasiswa, Soedarmo memaparkan empat konsensus kabangsaan yang wajib dikuasai oleh para pemuda yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ke-empat hal tersebut, ujar Soedarmo, merupakan karakter bangsa yang harus dipahami dan dikuasai para generasi bangsa. “Kalau empat hal itu berjalan baik, maka cita-cita bangsa untuk menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur.”

Memahami tentang jati diri bangsa, kata Soedarmo, harus melekat di dada masing-masing masyarakat Indonesia. Karena itu, para mahasiswa diminta untuk memahami karakter dan wawasan kebangsaan yang baik, sehingga nantinya menjadi pemimpin yang siap memimpin Provinsi Aceh.

Sementara itu, Samsul Rizal, Rektor Universitas Syiah Kuala, mengajak para pemuda Aceh untuk tidak lagi berpikir menjadi pegawai negeri, melainkan sebagai pemuda yang bisa membuka lapangan kerja.

Para generasi Aceh, ujar Samsul Rizal, harus punya keinginan untuk mengubah wajah Acehd an wajah Indonesia.

“Saya ingin mengubah sesuatu. Saya akan berbuat sesuatu. Camkan itu dalam hati anda,” ujar Samsul Rizal di hadapan seratusan pemuda Aceh. “Anda harus berbuat sesuatu untuk Aceh dan Indonesia yang gemilang.” []

MH

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top