“Yuk Jadi Pengusaha Sebelum Sarjana”

0
838

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Bazar IANPreneur bertema “Yuk Jadi Pengusaha Sebelum Sarjana” pada Kamis, 10 Januari 2019 di Pelataran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kegiatan ini menampilkan produk hasil karya mahasiswa/i Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Peserta Bazar adalah mahasiswa semester 7 (tujuh) berjumlah 107 orang yang menghasilkan 20 produk kuliner dan kerajinan hasil kreatifitas mereka. Kegiatan ini dinspirasi oleh mata kuliah Enterpreneurship yang diampu oleh Siti Nur Zalikha, dosen pada Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

Zalikha berharap para mahasiswa dapat memiliki semangat untuk dapat mengembangkan hasil karyanya. Baik hasil karyanya sendiri maupun mengembangkan produk-produk asli dari daerah asalnya masing-masing. Dengan berwirausaha mereka dapat membuka lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri serta dapat memberdayakan masyarakat disekitarnya. “Sehingga mahasiswa juga dapat membantu mengurangi “pengangguran intelektual” yang tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan,” ujarnya.

Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Reza Idria mendukung penuh inisiatif dari salah satu dosen yang berada dibawah naungannya tersebut. Menurut Reza, kegiatan ini dapat memotivasi para mahasiswa untuk berjiwa kewirausahaan mulai dari bangku kuliah, bukan hanya ketika sudah lulus nanti. “Mahasiswa ketika lulus tidak harus menganggur ataupun menunggu lapangan pekerjaan, tetapi harus berani untuk membuka suatu lapangan pekerjaan atau membuat produk yang mempunyai daya jual dan menarik serta bisa untuk dikomersilkan,” kata kandidat Doktor dari Universitas Harvard itu.

Selain bazar juga diadakan talkshow dengan 3 narasumber yaitu : Ridha Mafdhul, ST. (Ketua Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi (HIPMI-PT) Aceh), Afdhal Khalilullah Mukhlis, http://B.Sc (Hons)., MT. (Ketua DPD Komite Nasional Indonesia (KNPI) Kota Banda Aceh) dan Muhammad Fadil (CEO Parfume LAKI).

HIPMI Aceh menjadi partner utama kegiatan IANPreneur. Komitmen HIPMI Aceh untuk mendukung kegiatan tersebut ditunjukkan dalam bentuk pemberian piala serta dana pembinaan untuk kontestan terbaik untuk Juara 1 sebesar Rp. 750.000, Juara 2 sebesar Rp. 500.000,- dan Juara 3 sebesar Rp. 300.000,-. Selain hadiah tersebut Juara 1 juga mendapatkan sebuah bingkisan dari CEO Parfum LAKI.

Selain perwakilah HIMPI-PT, KNPI dan CEO Parfum LAKI Kegiatan ini juga dihadiri oleh talkshow Perwakilan Dispora, Pusat Pengembangan Bisnis UIN, PLUT-KUKM, Bank BRI Kantor Cabang Banda Aceh serta perwakilan Fakultas dilingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Beberapa instansi yang menghadiri kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi mitra dalam mengembangkan usaha mahasiswa.

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Dr. Ernita Dewi, S.Ag,M.Hum mengatakan, kegiatan tersebut sangat bagus untuk membentuk karakter mahasiswa agar memiliki jiwa kewirausahaan yang baik, serta dapat memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi untuk mempromosikan hasil kreasinya. “Fakultas ke depan akan berupaya mendorong mahasiswa untuk mengembangakan diri dengan melihat kegiatan ini secara kritis sebagai peluang bisnis disamping mengembangkan ilmu pengetahuannya,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.