Friday, March 29, 2024
spot_img

Sulaiman Juned Pentaskan Teater Tutur Adnan PMTOH

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Memenuhi tugas akhir penciptaan seni Program Doktoral Pascasarjana ISI Surakarta, Sulaiman Juned mementaskan teater tutur Adnan PM TOH  pada 14 Maret 2016 pukul 20.00 WIB di Taman Putroe Phang Banda Aceh.

Pertujukan ini dihadiri oleh promotor dan co-promotor dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta di antaranya Prof. Sardono W. Kusomo, Nano Riantiarno, dan Prof. Irwan Abdullah. Selain itu juga kegiatan ini disaksikan oleh seniman, mahasiswa dan masyarakat.

Pimpinan Produksi Dindin Ahmad, menyebutkan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka ujian kelayakan Program Doktoral Penciptaan Seni ISI Surakarta dengan mahasiswa teruji Sulaiman Juned. Kegiatan ini dimotori oleh Sanggar Cempala Karya selaku pelaksana produksi juga didukung oleh pemerintah Kota Banda Aceh dan lembaga serta sanggar seni lainnya.

“Dalam rangka ujian kelayakan ini dihadiri promotor untuk membimbing sekaligus menyaksikan pertunjukan karya/sutradara Sulaiman Juned. Pertunjukan selanjutnya pada ujian terbuka dan tertutup akan dilaksanakan pada bulan Mei 2016 di Taman Putroe Phang dan dihadiri oleh sembilan tim penguji dari ISI Surakarta” Jelasnya.

Semenatar itu Sulaiman Juned mengungkapkan bahwa pertunjukan ini selain sebagai tugas akhir program doktoral, juga sebagai pengabdiannya terhadap budaya Aceh. Almarhum Tengku Adnan PM TOH adalah seniman Aceh yang telah mendunia melalui pertunjukannya.

Sangatlah sayang apabila masyarakat atau pemerintah tidak melestarikan kesenian yang telah dikembangkan oleh seniman ini. Berdasarkan hal tersebut ia mengakat kembali pertunjukan Teater Tutur Adnan PM TOH Mencipta Bersama Masyarakat dalam Ujian Akhir Program Doktoral.

“Pertunjukan ini berdurasi sekitar 2 jam dengan aktor lima orang di antaranmya, Udin Pelor (seniman Aceh), Rasyidin (seniman, dosen ISBI Aceh), Muda Balia (seniman Aceh), Samsul Bahri (anak Teungku Adnan PM TOH), dan Teuku Afifuddin (seniman, dosen ISBI Aceh). Melalui pertunjukan akan menjelaskan perjalanan hidup dan proses berkesenian Teuku Adnan PM TOH. Semoga dengan pertunjukan ini akan memberikan pembaharuan dan pencerahan terhadap perkembangan seni di Aceh dan di Indonesia pada umumnya,” ujarnya. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU