Jelang Ramadhan, Pemko Banda Aceh Gelar Pasar Murah

0
426
Jelang Ramadhan, Pemko Banda Aceh Gelar Pasar Murah
Di pasar murah yang digelar Pemko Banda Aceh menyediakan sejumlah barang pokok. (Foto: Humas Banda Aceh)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pemerintah Kota Banda Aceh selama tiga hari berturut-turut menggelar pasar murah, 20-22 April 2019. Pasar murah ini digelar untuk menekan kenaikan harga barang pokok yang cenderung naik jelang bulan Ramadhan tiba.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyatakan di pasar murah yang digelar Pemko melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan bukan hanya menyediakan barang pokok bagi kebutuhan masyarakat kota jelang Ramadhan, namun juga disediakan tempat bagi UMKM menjual produk mereka.

“Pemko memfasilitasi lokasi bagi para komunitas UMKM menjual sejumlah produk karya perajin, seperti aneka kuliner, fashion, handycraft, dan lainnya,” ujar Aminullah saat membuka pasar murah di halaman pusat perbelanjaan Barata Banda Aceh, Sabtu (20/4).

Dalam keterangan tertulis Humas Pemko Banda Aceh disebutkan, ada 100 produk UMKM yang dijual dari di pasar murah tersebut. Wali Kota sendiri berkesempatan melihat langsung dan ikut berbelanja produk-produk unggulan itu.

Pasar murah hari pertama di Kota Banda Aceh mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat kota. Melihat antusias tinggi dari warganya, Aminullah mengatakan Pemko Banda Aceh akan menambah alokasi untuk subsidi tahun depan.

“Saya lihat antusias warga sangat tinggi. Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan tolong tambah alokasi untuk subsidi tahun depan. Kalau antusias warga seperti ini, perlu kita tambah subsidi tiga kali lipat untuk tahun depan,” pinta Aminullah kepada Kadis Koperasi, UMK dan Perdagangan Kota, T Iwan Kesuma yang juga hadir di lokasi acara.

Di pasar murah yang digelar Pemko Banda Aceh dalam rangka menyambut bulan Ramadhan itu menyediakan sejumlah barang pokok, seperti gula pasir, minyak goreng spesial kemasan, tepung dan telur dengan harga lebih murah dari harga pasar.

“Ada indikasi jelang puasa harga barang pokok naik. Kita buat pasar murah ini untuk mengendalikan harga dan membantu meringankan masyarakat kota memenuhi kebutuhan pokok untuk persiapan memasuki bulan puasa,” jelas Wali Kota.

Di lokasi pasar murah, setelah disubsidi, warga bisa menebus gula pasir dengan harga Rp 11.000/kg, tepung Rp 6.500/kg dan minyak goreng spesial kemasan isi 2 liter dengan harga Rp 24.000. Sedangkan telur dapat ditebus oleh masyarakat dengan harga Rp 31.000 per papannya karena telah disubsidi 200 per butir.

Pasar murah dibuka mulai pukul 09.00 hingga 15.30 WIB. Pasar murah juga akan digelar di dua lokasi lainnya, yakni Minggu (21/4) di halaman Masjid Baitussalihin Ulee Kareng dan Senin (22/4) di depan Taman Makam Pahlawan Kecamatan Baiturrahman.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.