Massa Gelar Aksi Tuntut Pembebasan Irwandi

0
2804

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Ratusan massa yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Aceh Bersatu (KMAB) menggelar aksi damai menuntut Komisi Pemberantasan KorupsiĀ  (KPK) agar membebaskan Gubernur Irwandi Yusuf di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada Senin, 9 Juli.

Mereka menilai penahanan Irwandi oleh lembaga anti rasuah dapat mengganggu kedamaian di Aceh. Massa mengklaim aksi itu diikuti oleh masyarakat dari kabupaten kota di Aceh. Aksi tersebut mendapat pengawalan dari pihak Kepolisian Resort Kota Banda Aceh.

Aksi mulai berlangsung sekitar pukul 10:20 WIB. Massa berorasi secara bergantian melalui pengeras suara dari atas truk trado. Selain itu mereka turut membentangkan sejumlah spanduk berisi tuntutan agar Irwandi dibebaskan.

“Kami menyatakan sikap bahwa Irwandi belum ada yang bisa ganti. Jangan coba-coba ganti Irwandi sebelum habis masa jabatan. Kembalikan Irwandi,” tutur koordinator aksi Fahmi Nuzula.

Dalam orasi, massa menyebutkan Irwandi merupakan pemimpin yang ingin mensejahterakan rakyat. Bahkan mereka mengklaim operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK dinilai bersifat politis.

Seperti diketahui, Gubernur Irwandi telah ditahan oleh KPK usai terjaring OTT dalam dugaan kasus korupsi dan suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Daerah Khusus Aceh Tahun Anggaran 2018. Selain Irwandi, KPK juga menahan tiga orang lain yakni Bupati Bener Meriah Ahmadi, staf khusus gubernur Hendri Yuzal dan pengusaha Syaiful.[]

GHAISAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.