PPK Mulai Rekap Perolehan Suara Pemilu 2019

0
309
PPK Mulai Rekap Perolehan Pemilu 2019
PPK Ulee Kareng menggelar rapat rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di Kantor Camat Ulee Kareng, Jumat 19 April 2019. (Foto: Husaini/acehkita.com)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Banda Aceh mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (19/4), mulai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019. Proses rekapitulasi di tingkat kecamatan tersebut diikuti oleh Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan para saksi dari peserta pemilu.

Pantauan Acehkita.com di Banda Aceh, rapat rekapitulasi perolehan suara digelar di ruangan dalam kantor camat setempat. Seperti di Kecamatan Kuta Alam, rekapitulasi digelar di kantor camat Kuta Alam. Di Kecamatan Ulee Kareng dipusatkan di kantor camat setempat.

Ketua PPK Kuta Alam, Muhammad Irwan, menyatakan rekapitulasi suara tingkat Kecamatan Kuta Alam digelar mulai pukul 09.00 WIB. “Di Kecamatan Kuta Alam total total kotak suara ada 540 dari 108 TPS,” ujarnya.

Dia menyebutkan, semua kotak suara dari TPS yang diserahkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari desa se-Kecamatan Kuta Alam telah diterima oleh pihaknya hingga kemarin sore. “Semua sudah masuk, terakhir kita terima kemarin sore,” ujar Irwan.

Lebih lanjut, Irwan menambahkan, rekapitulasi yang digelar oleh pihaknya diikuti oleh saksi masing-masing partai dan saksi dari pasangan calon presiden dan wakil presiden. “Sejauh ini tidak ada kendala.”

Rekapitulasi di tingkat kecamatan itu turut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Adapun prosesnya, Irwan mengatakan, tergantung kesepakatan dengan pengawas kecamatan. “Kalau panwas merekomendasi lanjut kita lanjut, kalau break kita break. Kita juga punya hak break seperti untuk salat Jumat,” ujar Irwan.

Di tempat terpisah, Ketua Panwascam Ulee Kareng M Nur menyatakan rapat rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Ulee Kareng juga digelar mulai pukul 09.00 WIB, Jumat (19/4). Rekapitulasi yang dipimpin PPK Ulee Kareng yang diikuti para saksi dari peserta pemilu turut mendapat pengawalan dari pihak kepolisian.

“Jadwalnya di kecamatan sampai 10 hari. Kita tetap merokemendasi kapan saja mereka (PPK) siap, termasuk hingga malam,” ujarnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.