UTBK Hari Pertama di Unsyiah Lancar, Menristekdikti Pantau Lewat Teleconference

0
725
UTBK Hari Pertama di Unsyiah Lancar, Menristekdikti Pantau Lewat Teleconference
Video teleconference antara Menristekdikti dengan Rektorat Unsyiah pada hari pertama UTBK. (Foto: Dok. Unsyiah)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Banda Aceh pada Sabtu pagi (13/4) berjalan lancar. Proses UTBK hari pertama di Unsyiah turut dipantau oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Mohamad Nasir lewat video teleconference.

Dalam keterangan resmi Unsyiah disebutkan, Prof. Nasir berharap ujian UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berjalan lancar, sehingga dapat menciptakan anak Indonesia yang sukses di kemudian hari.

Sementara itu, Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal, melaporkan UTBK sesi pagi pada Sabtu (13/4) diikuti 990 peserta. Jumlah tersebut tersebar di 33 ruang laboratorium di 13 lokasi seputaran Unsyiah. Ia menambahkan, segala persiapan telah dilakukan Unsyiah secara matang. Baik itu terkait ruangan, server, listrik, hingga pengawas ujian.

“Beberapa hari lalu, kita juga telah melakukan bimbingan teknis kepada para pengawas ujian UTBK,” lapor Rektor Unsyiah via video teleconference dari Gedung UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kegiatan itu juga dihadiri para wakil rektor, pengawas dan panitia UTBK, serta civitas akademika Unsyiah lainnya.

Sementara itu, hasil pantauan tim Humas Unsyiah di lapangan disebutkan, para peserta mulai berkumpul di lokasi ujian sejak pukul 07.00 WIB. Hal ini dikarenakan, jam 07.30 WIB para peserta mulai memasuki ruangan ujian untuk verifikasi berkas/dokumen dan simulasi soal.

Para peserta ujian tersebar di 33 ruang laboratorium di 13 lokasi di Unsyiah. Lokasi itu adalah Gedung ICT Center, Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Gigi, FKIP, SMA Labschool Unsyiah, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Gedung Laboratorium Terpadu, Gedung Laboratorium Dasar FMIPA, dan Gedung Magister Manajemen.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Marwan, menyebutkan pelaksanaan UTBK di Unsyiah dibagi dalam dua sesi: pagi dan siang. Untuk sesi pagi, peserta masuk ruang jam 07.30 WIB dan ujian berlangsung mulai pukul 08.00-11.45 WIB. Sementara sesi siang, peserta masuk ruang jam 13.00 dan ujian berlangsung pukul 13.30-17.15 WIB. Para peserta diharuskan berada di lokasi ujian tiga puluh menit sebelum ujian dimulai.

“Bagi peserta yang datang terlambat ketika ujian sudah dimulai, tidak diperbolehkan lagi mengikuti ujian.”

Marwan juga menganjurkan bagi peserta UTBK untuk dapat melihat lokasi ujian satu hari sebelumnya. Hal ini untuk memudahkan peserta mengetahui ruang tes.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.