JCH Aceh Kloter 1 Sudah Selesaikan Umrah Wajib

0
371
JCH Aceh Kloter 1 Sudah Selesaikan Umrah Wajib
JCH Aceh Kloter 1 Sudah Selesaikan Umrah Wajib. (Foto: Dok. Kemenag Aceh)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – 393 Jemaah Calon Haji (JCH) Aceh yang tergabung dalam Kloter 1 (BTJ) dilaporkan telah menunaikan ibadah umrah wajib di Masjidil Haram, Makkah. Jemaah tersebut sebelumnya telah tiba di Tanah Suci, Makkah Al Mukarramah sejak tadi malam, Sabtu (20/7) melalui Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

“Alhamdulillah jemaah calon haji Aceh termasuk petugas kloter sudah melaksanakan umrah wajib, mulai dari tawaf sampai dengan tahallul,” ujar Muhammad Nasril, Humas PPIH Embarkasi Aceh, dalam keterangan tertulis, Minggu (21/7).

Ia menjelaskan setelah tiba di Makkah, wilayah Syisyah tempat JCH Aceh menetap selama di Makkah sekitar pukul 21.30 Waktu Arab Saudi (WAS), para jemaah menerima pembagian kamar dan pengurusan koper. Kemudian istirahat sejenak sebelum berangkat ke Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah umrah wajib.

“Sejak dini hari tadi, mulai pukul 02.00 jemaah diarahkan untuk menjalankan umrah wajib yang dibagi 2 gelombang dengan menggunakan bus Shalawat. Sedangkan bagi jemaah lansia (lanjut usia) melaksanakan umrah setelah subuh, karena disarankan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum mulai berumrah,” kata Nasril usai menerima laporan Petugas Kloter 1.

“Juga ada 4 jamaah menggunakan kursi roda, alhamdulillah semuanya lancar dibantu petugas dan panitia di sana, kita juga menunggu laporan terkini dari petugas kloter 1, mudah-mudahan semua CJH Aceh sudah melaksanakan umrah wajib,” sebutnya.

Sementara Petugas Kesehatan yang mendampingi jemaah BTJ 01, Dokter M. Aditya, kepada PPIH Embarkasi Aceh menyampaikan bahwa sampai saat ini kondisi kesehatan JCH BTJ 01 dalam keadaan sehat.

“Secara umum alhamdulillah kondisi kesehatan jemaah masih terbilang cukup fit untuk beribadah di Tanah Suci, tapi jemaah terlihat sedikit kelelahan karena perjalanan jauh dan juga masih kurang istirahat. Untuk pelayanan di posko kesehatan masih terbilang sepi. Namun visitasi ke ruangan terus dilakukan untuk memantau pasien resiko tinggi,” ujar Dokter Aditya melalui pesan instan kepada PPIH Embarkasi Aceh.

Ia juga menambahkan, saat ini jemaah sudah berada kembali di hotel, pihaknya juga sedang memvisitasi jemaah sekalian mengecek pelaksanaan ibadah umrah JCH Aceh.

“Alhamdulillah jemaah BTJ-01 cukup patuh terhadap program kegiatan yang telah disusun di kloter, semua pihak yang terlibat di Arab Saudi ini kami rasakan sangat membantu sekali. Mudah-mudahan kerja sama yang baik ini terus terjaga,” pungkas Aditya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.